"Ketika aku berpikir negatif pada seseorang, tanpa sadar aku telah menghakimi orang itu...

Lebih mudah mana?
Berusaha menyingkirkan semua kerikil tajam di sepanjang jalanan, atau memakai sepatu agar kaki kita tidak terluka?

Lebih mungkin mana?
Berusaha mensteril semua tempat agar tak ada kuman, atau memperkuat daya tahan tubuh kita sendiri?

Lebih mudah mana?
Berusaha mencegah setiap mulut agar tak bicara sembarangan, atau menjaga hati kita sendiri agar tidak mudah tersinggung?

Lebih penting mana?
Berusaha menguasai orang lain, atau belajar menguasai diri sendiri?

Yang penting bukan bagaimana orang harus baik padaku, melainkan bagaimana aku berusaha baik pada orang lain.

Bukan orang lain yang membuat aku bahagia, melainkan sikap diriku sendirilah yang menentukan, aku bahagia atau tidak.

Setiap waktu yang telah kita habiskan dalam hidup ini, tidak akan terulang kembali,
Namun ada satu hal yang masih tetap bisa kita lakukan, yaitu BELAJAR

Belajar dari masa lalu untuk hari esok yang lebih baik.

Hidup adalah PROSES,
Hidup adalah BELAJAR,
tanpa ada batas UMUR.

JATUH, berdiri lagi ..
KALAH, mencoba lagi ..
GAGAL, bangkit lagi ... "

Sedikit cuplikan dari akun Pendidikan Karakter di FB yang mampu membuatku berfikir banyak hal. Berfikir akan aku yang masih saja seperti ini sampai hari ini. Berfikir akan aku yang sampai saat ini tidak belum sedikit saja tergeser untuk selalu meyakinkan diri bahwa seseorang pasti akan berubah. Walau sampai hari ini kenyataan yang ada menampar segala keyakinanku, entah kenapa masih ada sedikit harapan di sana. Hati manusia siapa yang tahu bukan?

Yang jelas keyakinanku berdasar. Bahwa kita manusia, tidak bisa menjudge seseorang apapun yang saat ini sedang terjadi pada dirinya. Itu sudah urusan masing-masing dengan penciptaNya kan? Tugas kita sesama manusia, sesama makhluk ciptaanNya hanya bisa berharap, berdoa dan percaya, bahwa Dia lah yang membolak-balikan hati seseorang.

Yang aku tahu, Doa hanyalah satu-satunya penghubungku, bukan kepadamu, tapi kepadaNya. Semoga Allah selalu menjaga kita dimanapun kita berada.

"Jika kau menyayangi seseorang yg tak tampak di depanmu, maka sayangi dia dengan doa-doamu,, tak terdengar di bumi, namun mengetuk pintu langit.."

Wish you ALL TIME best :)

Comments

Popular posts from this blog

Ucapan adalah Doa: Pascasarjana ITB

Dattebayo.

Ucapan adalah Doa : Awardee LPDP 2019